Editan dari Hapé Sémi Jadul di Saat Ini


20150220

from Mas Rd's Lumia 620 original
from Mas Rd's Lumia 620 edited

Foto di atas adalah foto dari Mas Rd. Fotonya dijeprèt dari hapénya yang Nokia Lumia 620 (foto orisinil, yang atas).

Karena kami berbarengan dengan beberapa teman lain pergi ke Blue Lagoon, maka ada beberapa orang yang memotrèt tempat itu, dari beberapa sisi tentunya. Salah satunya ya Mas Rd itu. Makanya saya minta foto dari beliau. Salah satunya ya foto itu, yang dikirimkannya via e-mail, dan kemudian kudownload dengan hapéku yang sémi jadul itu.

Hapéku Sony Ericsson J105i alias Naite. Kalau tidak salah, keluaran antara tahun 2009 atau 2010. Biarpun masih berupa hapé candy-bar, tapi menurutku sudah cukup canggih buat hapé keluaran tahun itu. Internèt sudah bisa, pun aplikasi berbasis Java sudah bisa masuk ke dalamnya.

Kembali ke foto Mas Rd tadi. Karena memang iseng dan menurutku ada sedikit yang kurang dengan foto dari Mas Rd itu, lalu iseng-iseng kuèdit dengan menu bawaan yang ada di hapéku J105i tadi. Yaa, sekedar èdit brightness-contrast dan saturasi. Hasilnya adalah foto yang bawah (foto èditan). Eee ternyata ya lumayan jadi lebih bagus juga (menurutku lho). Awalnya yang kurasa ada sesuatu yang terlalu terang. Kemudian setelah ada dièdit sedikit, warna hijau jadi lebih muncul, pun warna batuan dan tanah di seberang sungai itu jadi lebih kelihatan coklat. Tapi secara umum, foto itu sudah mewakili suasana di Blue Lagoon saat itu. Sip lah.

Begitulah. Ternyata hapé sémi jadul pun masih bisa berfungsi baik, meskipun sampai saat ini berarti sudah lima atau enam tahun usia pemakaiannya. Apapun, asal digunakan sebagaimana mestinya dan tahu cara menggunakannya, pasti akan memberikan hasil yang baik…

2 thoughts on “Editan dari Hapé Sémi Jadul di Saat Ini

Leave a comment