GMT vs GMT


20160308 GMT itu setahu saya, entah di pelajaran IPS sewaktu SMP atau SMA, atau di RPUL (hayoo, apa itu coba?) kepanjangannya adalah Greenwich Mean Time. Greenwich adalah kota yang ada di negara Inggris sana, yang dilewati garis bujur 0 derajat (hayoo, masih inget nggak dengan garis lintang & garis bujur?). Makanya kemudian, daerah di sebelah … Continue reading

What Is a Pannikin?


//embedr.flickr.com/assets/client-code.js 20160307 Pas kapan itu kok ya iseng-iseng tanya soal yang namanya nasting, atau nesting, atau apalah namanya dan bagaimana cara penyebutannya, sama dua orang yang menurut saya lebih punya pengalaman tentang per-merek-an di beberapa barang, Mas Jakeb dan Mas Andi. Awalnya, mungkin sudah agak lama, rasa ketertarikan muncul pada nasting kepunyaan TNI yang bentuknya … Continue reading

Kepengen Titik Equilibrium


//embedr.flickr.com/assets/client-code.js 20160307 Jadi begini. Sesaat saya jadi teringat sewaktu jaman SMA. Pelajaran IPS Ekonomi, tapi saya lupa, itu Ekonomi yang mana, atau malah yang Akuntansi. Ah, embuhlah. Hal yang muncul lagi adalah harus seimbangnya antara supply dengan demand, sehingga akan dicapai sebuah persimpangan grafik, persis di garis yang saling bersentihan itu disebut dengan titik equilibrium. … Continue reading

Nanjak ke Gedong Songo


20160303 Kok katanya Oom Warm, yang menurutku sudah ‘lejend’ di bidang per-blog-an, beberapa postinganku yang terakhir sebelum ini terlalu sirius (Black?).. Maka daripada itu, aku cerita yang biasa-biasa saja kali ini.. Aku tahu kalau mau ada acara nanjak-nanjak ke Candi Gedong Songo yang ada di Bandungan itu malah dari teman nyepeda Semarang, Tami. Eh ternyata, … Continue reading

Jangan Piknik di Akhir Minggu. Kebak!!


20160302 Kok ya sekarang ini kayaknya buanyak orang yang sepertinya tiba-tiba suka piknik di tempat-tempat yang suasananya natural, pemandangannya apik, biarpun agak jauh dari kota, dan tentu saja agak susah pula untuk bisa sampai di tempat yang ingin dituju itu. Masih inget kasus (mungkin buka kasus sih; cuma ‘kejadian luar biasa’; hahahai) kebon bunga yang … Continue reading

Sampah? Peduli Sampah?


//embedr.flickr.com/assets/client-code.js 20160229 Sebenarnya mungkin ini adalah postingan yang telat alias late post. Tapi nggak apa-apa, paling tidak masih bisa membahas event yang seminggu sebelumnya terjadi. Dan tenang saja, masih bisa dikaitkan dengan sepedaan kok. Tanggal 21 Februari katanya diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. Saya pun baru denger kali itu. Hari Minggu itu pun ada … Continue reading

Bisa Dibilang, Sisi Lain Kaliurang


//embedr.flickr.com/assets/client-code.js 20160210 Kaliurang nggak cuma melulu soal Tlaga Putri dan hutan wisata Plawangan. Juga tak hanya soal kulinernya yang terkenal, yakni jadah-tempe bacem yang katanya Genk Kobra ngangeni itu. Di Kaliurang bagian barat, yang letaknya di ereng-ereng kali Boyong, ada gardu pandang buat wisatawan, yang bangunannya sudah jadi baru semenjak letusan Merapi 2010. Tak jauh … Continue reading