Jalan – jalan di Sidoarjo


20170125

Sebelumnya, cerita tentang sepedaan menuju Sidoarjo bisa dibaca di sini…

Horee… Ini adalah postingan pertama di tahun 2017. Selamat tahun baru…..

Judul postingan ini bisa jadi adalah sebuah keambiguan. Apa yang dimaksud dengan ‘jalan-jalan’? Apakah membahas tentang jalan-jalan yang ada di kota Sidoarjo (jalan raya, jalan kampung, dan kawan-kawan)? Atau tentang kegiatannya, jalan-jalan kaki berkunjung ke mana-mana?

Biarlah ambigu. Semakin ambigu, bisa jadi semakin membikin penasaran…

Dan lagi-lagi, postingan ini adalah postingan yang sudah kadaluarsa, karena nggak update alias kejadian terbaru. Ini cerita sekitar 6 bulan yang lalu. Hadeh.

—– —– —– —– —–

Sidoarjo adalah kota kabupaten di sebelah selatan Surabaya, jaraknya sekitar 10 km dari kota Surabaya. Pamanku (ya, paman, adiknya Bapak dan Paklik) tinggal di sana. Kebetulan juga, ini adalah kali kedua aku bersepeda ke tempat Pamanku itu.

Secara tak sengaja, di Sidoarjo juga ada teman sepedaan yang tinggal di sana. Seorang adalah tulen asli Sidoarjo, sedangkan yang seorang lagi, kini (padahal sejak 2014) sudah jadi istrinya dan tinggal di Sidoarjo, dan keduanya pun kenal baik. Cak Wawa dan Mbak Cipluk sudah punya seorang anak yang pada saat itu aku mampir ke rumahnya baru berusia belum ada 6 bulan.

Pertama kali bersepeda ke Sidoarjo adalah pada 2012, dan sudah ‘dihadang’ Cak Wawa beberapa kilometer sebelum sampai di pusat kota. Ternyata, rumah Cak Wawa ada di kampung di belakang perumahan tempat Paman tinggal. Kalau lewat jalan kampung, mungkin jalan kaki sekitar 15 menit atau 20 menit pun bisa sampai.

Kali itu aku mampir ke sana sambil bersepeda. Cak Wawa yang kalau tidak salah adalah seorang pesepeda, tentu saja mempunyai perkakas yang komplit untuk membenahi sepeda. Memanfaatkan situasi, aku meminjam beberapa kunci untuk menyetel rem (padahal sebetulnya aku juga bawa, tapi di dalam tas, dan malas mengeluarkannya).

Ngobrol ke sana ke mari, ternyata yang dianggap lama menjadi tidak lama. Entah berapa lama waktu itu, mungkin sekitar 2 jam, dan aku kemudian pamit untuk bersepeda (baca : berjalan-jalan) lagi berkeliling pusat kota Sidoarjo.

With Cak Wawa, Mbak Cipluk and UningAku, Cak Wawa, Uning dan Mbak Cipluk.

Keluar dari kampung Cak Wawa, bergeser ke dekat Kantor Pos, atau dekat Indomaret di selatan Alun-alun Sidoarjo. Aku sudah kangsenan alias janjian ketemu dengan Windi. Siapa Windi? Dia adalah teman sekampus temanku KKN, Yuli. Dan menurutku sangat cocok saat ‘ngobrol ke mana-mana’ (tak usah bertanya ‘ke mana-mana’ itu membahas apa).

Mumpung aku di Sidoarjo, dan ternyata rumah Windi pun katanya tak jauh dari alun-alun. Ya jadilah kami bertemu. Setelah kuparkir sepeda di depan Indomaret dekat Kantor Pos (lhoh?), kami pun jalan-jalan ke toko oleh-oleh yang ternyata lumayan jauh dari alun-alun, kalau memang sambil berjalan kaki. Jaraknya sekitar 1 – 1,5 km. Kalau bolak-balik, ya jadi lumayan ‘kan, total bisa 2 km atau 3 km. Oleh-oleh apa yang kubeli? Ibuk titip petis dengan merek tertentu yang katanya hanya ada di Sidoarjo. Duh, tapi aku lupa mereknya apa. Nggak bisa jadi sambil promosi ‘kan…..

Menjelang petang, menjelang gelap, oleh-oleh sudah didapat. Windi yang memang asli Sidoarjo kutanyai di mana tempat nongkrong yang biasanya ramai oleh anak muda (padahal kami pun masih muda). Windi pun mengajak ke sebuah warung kopi, atau lebih kerennya ‘kafe’ kopi di sebelah barat stadion Gelora Delta Sidoarjo, stadion yang menjadi saksi Indonesia U-19 menjadi juara Piala AFF (atau AFC ya?) pada tahun 2013 yang lalu.

Cyclo Coffee nama kafe itu. Kata Windi, kafe di sebelahnya biasanya lebih ramai, namun entah kenapa kali itu kok kalah ramai dibanding kafe yang kami datangi. Dan kami pun menghabiskan malam hingga hampir jam setengah 10 malam di tempat itu…..

Cyclo Coffee with WindiMenghabiskan waktu petang menuju malam di Cyclo Coffee bareng Windi.

Advertisements

2 thoughts on “Jalan – jalan di Sidoarjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s