Bisa Dibilang, Sisi Lain Kaliurang


Stairway//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

20160210

Kaliurang nggak cuma melulu soal Tlaga Putri dan hutan wisata Plawangan. Juga tak hanya soal kulinernya yang terkenal, yakni jadah-tempe bacem yang katanya Genk Kobra ngangeni itu.

Di Kaliurang bagian barat, yang letaknya di ereng-ereng kali Boyong, ada gardu pandang buat wisatawan, yang bangunannya sudah jadi baru semenjak letusan Merapi 2010. Tak jauh dari situ juga ada museum yang juga namanya sudah terkenil (saking terkenalnya), Museum Ullen Sentalu.

Dulu, sewaktu SMP, pernah ada acara kemah tiga hari-dua malam di bumi perkemahan di sebelah barat Bukit Plawangan, bu-per (bukan ba-per lho.. :v ) Karang Pramuka. Anehnya juga, di sana juga pernah dijadikan tempat pemusnahan mercon sitaan, dengan cara dibakar. Kan ya aneh itu, jelas ‘seluruh’ Kaliurang jadi gaduh dengan suara ledakan yang hampir terus menerus..

Tapi ternyata Kaliurang memang nggak cuma tentang hal-hal yang sudah disebutkan di paragraf sebelum ini. Di balik hotel-hotel, penginapan-penginapan, losmen-losmen, vila-vila yang ‘menjamur’, ada beberapa tempat terbuka yang kemudian dimanfaatkan sebagai taman atau arena outbond, atau sekedar lapangan yang bisa digunakan untuk acara banyak orang.

Sekitar bulan April 2011, dulu teman-teman pernah mengadakan acara di daerah sebelah tenggara dari parkiran di Tlaga Putri, dan jika menuruti jalan setapak dari kampung itu terus ke timur, akan sampai di tempat yang dulunya hutan pinus, yang saat itu masih kelihatan semi porak poranda karena erupsi Merapi. Namun seharusnya, sekarang sudah jauh lebih asri lagi.

Di tempat lain, tak jauh dari Hotel Taman Eden di sebelah timur Patung Urang, ada lapangan di belakang pemukiman yang biasa disewa untuk acara outbond. Lumayan luas, tapi kalau dari jalan setapak tak terlalu kelihatan. Di tempat itu juga sudah ada beberapa arena permainan yang lumrah ada di kawasan outbond, antara lain flying-fox dan palang kayu untuk perang bantal.

Nah, gambar yang ada di awal tulisan ini ada di tempat itu. Kalau dilihat dari sudut itu, sepertinya cocok untuk pose pre-wedding. Hayoo, siapa yang mau foto-foto pre-wed di situ? Segera hubungi saya yak! Eh… Hehee…..

2 thoughts on “Bisa Dibilang, Sisi Lain Kaliurang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s