Entah Kenapa Kok Akhir-akhir Ini Sering Motret Sepeda


20160127

Acara ulang tahun komunitas MTB Federal Indonesia kemarin dirayakan pada tanggal 17 Januari 2016, yang juga pas hari Minggu. Dimulai dari perempatan Tugu, kemudian berlanjut ke arah selatan, hingga berakhir di warung soto di selatan Panggung Krapyak.

Di antara Tugu sampai dengan Panggung Krapayak itu ada beberapa tempat lain yang disinggahi, antara lain Masjid Gede Kauman dan salah satu bagian Kraton Yogyakarta, di sebelah timur Pasar Ngasem.

Kalau dibilang ya agak sering juga melewati depan Masjid Gede, ya cuma sekedar lewat saja, tanpa ada hal spesifik yang diamati. Bisa jadi tujuannya ke Ngasem, Taman Sari atau AlKid. Namun kali itu, kebetulan teman-teman juga berfoto di depan Masjid Gede, setelah selesai berfoto, aku pun iseng memajang sepedaku. Dan jadilah foto ini :
Parking//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

Beralih lebih ke selatan, di bagian Kraton di sebelah timur Pasar Ngasem. Aku lupa namanya apa, tapi seingatku dulu waktu kecil juga pernah diajak jalan-jalan ke tempat itu. Terakhir adalah saat Grebeg Sawal, saat itu juga bareng Mbak Ika, dan dua orang teman pesepeda dari Argentina, Salvador dan Giuli.

Di tempat itu, pengendara sepeda dan sepeda motor (kalau tidak salah, becak juga termasuk) dilarang menaiki kendaraannya. Jadi ya harus dituntun, kalau motor ya juga dimatikan mesinnya. Anehnya, kalau mobil malah boleh masuk begitu saja, dan kemudian parkir.
Stand on The Fence//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

Seminggu kemudian, aku diajak oleh temanku sewaktu pernah garapan bareng di akhir 2013, Elzha namanya. Katanya dia pengen membuktikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak dari Mlati sampai ke Dongkelan. Maka bersepedalah kami di hari Sabtu pagi tanggal 23 Januari kemarin. Kebetulan pagi itu memang cerah, bahkan bisa dibilang agak panas, tidak seperti sore hari sebelumnya, yang selalu gerimis dan hujan agak lama. Karena sehari sebelumnya sudah turun hujan, pagi itu terasa lebih segar udaranya. Kebetulan pula, di sekitar Selokan Mataram yang dekat dengan Mlati, padi yang ditanam di sawah sudah tumbuh agak besar, jadi warna hijaunya sudah muncul dengan jelas. Hal yang menambah indahnya pagi itu adalah Merapi dan Merbabu yang terlihat jelas tanpa terhalang awan. Dan langit pun memang berwarna biru di pagi itu…..

Morning Sunshine//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

Saturday Morning Cycling//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

Catatan : Keempat foto di atas diambil dengan menggunakan hape Sony Ericsson J105i

3 thoughts on “Entah Kenapa Kok Akhir-akhir Ini Sering Motret Sepeda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s