Anak-Anak Jaman Dulu


20150206

Sewaktu kapan itu main ke kost-an Bagus Prakoso (panggil saja BagSo), karena entah apa aku lupa, ada seperti janjian dengan Revo. Katanya sih di tempat BagSo, tapi sewaktu aku sampai di sana, Revo malah belum ada. Tapi tak berapa lama kemudian, dia pun datang. Tak apa lah.

Ooo, lalu aku ingat. Aku mau meng-copy beberapa foto milik Revo. Ya, dan kemudian flashdisk pun saling ditancapkan ke laptopnya BagSo, dan copy meng-copy pun terjadi. Ternyata BagSo pun meng-copy beberapa item yang ada di flashdisk Revo.

Revo main ke tempat BagSo ternyata sekaligus ingin meminjam perkakasnya untuk mengganti outer dan inner cable rem dan shifter di sepedanya. Tak perlu diragukan lagi karena di tempat BagSo perkakasnya sebegitu komplitnya.

Ntah ada janjian apa lagi, tiba-tiba Mas Moakh pun muncul juga di situ. Kemudian disusul Mas Arie Jakeb yang turun dari lantai dua (karena memang satu kost dengan BagSo). Dan kamar BagSo pun menjadi semakin ramai.

(lagi-lagi) Entah apa yang membuat BagSo kemudian memaketkan nomornya dengan paketan internet murah meriah WiFi.id. an kemudian kami pun mulai browsing video klip di situs YouTube. Aaan, yang dirikues untuk dicari video klipnya adalah lagu-lagu jadul. Ada Toto,The Cardigans (kalau tidak salah), sempat kepikiran Aqua dengan Dr. Jones-nya, tapi bukan itu. Satu video yang kurikues adalah Ace Of Base – The Sign.

Awalnya hanya aku dan Mas Jakeb yang tahu, tapi setelah lewat reff.-nya, BagSo pun tahu lagu itu. Sedangkan Revo hanya semi plonga-plongo saja. Hehehee. Salah satu cuplikan bait di lagu tersebut adalah : “I saw the sign. And it’s open up my eyes, I saw the sign. Life is demanding, without understanding…”

Kalimat terakhir di reff. lagu itu, “…Life is demanding, without understanding…”, menurutku memang benar apa adanya. Hidup itu terus berjalan dan selalu menuntut, tanpa pandang bulu yang dituntut itu sedang apa. Apakah sedang sakit kah? Galau kah? Mumet kah? Atau sedang lapar kah? Yang penting, kewajiban yang ada harus bisa diselesaikan. Ya, harus ini harus itu, (mungkin) tanpa peduli apa yang sedang terjadi pada diri yang dituntut itu.

Lain lagi dengan lagunya Europe yang judulnya Prisoners In Paradise. Salah satu kalimat di baitnya ada yang berbunyi “…sometimes you get what you want, ain’t what you need…”. Menurutku, ini semi berkebalikan dengan paragraf sebelumnya. Bisa dibilang, ini terjadi saat kita sedang sedikit sela atau selo. Banyak keinginan yang ingin diwujudkan, tapi sebenarnya hal tersebut bukanlah yang esensial di saat itu. Contohnya? Coba dipikirkan masing-masing saja. Setiap orang pasti pernah mengalami atau merasakan hal ini. Heheheee…

Satu lagi, satu lagi… lagu yang ingin kubahas, yang masih ada kaitanyya dengan dua lagu sebelumnya. Lagunya Cinderella yang judulnya Don’t Know What You Got (Till It’s Gone). Dari judulnya saja sudah ketara. Saat kita sedang punya sesuatu (entah penting, entah tidak terlalu penting), kita tidak terlalu nggagas dengannya. “Biasa saja lah. Apa sih istimewanya?” mungkin begitu yang ada di pikiran. Tapi saat kita (tidak sengaja) kehilangan hal itu, ya tentu saja (bisa jadi) kita kelabakan mencarinya. Biarpun mungkin ada benda yang sama yang baru di toko, tapi feel-nya tak seperti yang hilang tadi. Hadeh.

Tidak ada kesimpulan di tulisan ini. Lebih baik dipikir-pikir saja sendiri, siapa tahu ada benarnya juga. Hehee. Dan ternyata, ketiga lagu yang dibahas di paragraf sebelumnya, semuanya adalah lagu jaman dulu. Kalau mungkin kurang familiar, ya maaf, karena memang lagu itu keren di jaman itu. Browsing dan download saja lah, biar bias mendengarkan dengan saksama dan dalam tempo yang senikmat-nikmatnya. Jadi memang tidak terlalu salah kalau anak-anak jaman dulu hafalnya juga lagu-lagu jaman dulu…..

2 thoughts on “Anak-Anak Jaman Dulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s