She Jumped So High


20141229

Sebelumnya, sudah ada Kusam Sore Hari yang membahas tentang foto. Juga ada postingan sebelum ini yang juga membahas fotografi hitam putih. Lagi-lagi ini akan membahas tentang foto, tetapi lain tema lagi.

Natalan

Semula berawal saat aku berkunjung ke rumah Pak Pandi, tetangga dusun sebelah, yang merayakan Natal di tanggal 25 Desember beberapa hari lalu. Saat itu semua putra putrinya ada di rumah. Mbak Tesa dan Nana yang biasanya di Jakarta pun mudik, juga ada Mas Ipang. Eee ternyata ada pula Mas Bimo (suaminya Mbak Tesa), pacarnya Nana dan seorang lagi Zhou namanya.

Zhou ini teman sekerjanya Mas Bimo di Jakarta. Dia berasal dari negeri Cina dan kerja sebagai guru di sebuah sekolah internasional di Jakarta. Di sekitaran liburan Natal dan tahun baru ini dia ke Jogja karena ada undangan untuk menghadiri pernikahan temannya di Jogja, dan tentu saja ‘njagong’nya bareng Mas Bimo, karena juga temannya. Selama di Jogja tinggal bareng serumah di tempat Pak Pandi itu.

Saat ke rumah Pak Pandi pas Natal itu, Pak Pandi cerita kalau beberapa hari sebelumnya Zhou sempat sepedaan entah ke mana karena mungkin merasa bosan ada di rumah terus. Namun ternyata, kemudian dia kesasar. Setelah entah bagaimana caranya Zhou bisa tahu nomor telepon Nana, dia pun dijemput oleh Nana dan Pak Pandi, jauhnya mungkin sekitar 5-6 km dari rumah Pak Pandi. Mungkin jarak 5-6 km itu bisa dibilang dekat ya, tapi bagi seorang yang blas tidak tahu jalan dan buta arah??? Jadinya ya jauh.

Nah, kemudian aku iseng bertanya : “Ayo kapan sepedaan ke mana?”, tentu saja banyak campurnya dengan bahasa Inggris, karena meskipun sudah setahun lebih di Indonesia, Zhou masih banyak belajar bahasa Indonesia lagi. Dan Zhou pun menjawab, “Anytime, as I still stay here.”

Selang beberapa hari, akhirnya aku ajak Zhou sepedaan keliling desa sekaligus ke beberapa candi di Kalasan yang jaraknya tak sebegitu jauh. Candi yang paling dekat adalah Candi Sambisari. Iseng-iseng sambil jalan-jalan berkeliling candi itu, aku cerita ke Zhou kalau ada semacam kuis foto di antara travel-bloger yang ada di Indonesia. Then I told her that the main theme is ‘jump’. Cerita berlanjut, dan bla bla bla. Dan kemudian dia bilang kalau “Okay, I’ll jump and you take the picture.” Lalu kubilang kalau lebih cocok dilakukan di candi berikutnya, Candi Sari.

Turnamen Foto Perjalanan

She Jumped So High

Setelah menyusuri Selokan Mataram sekitar 2-3 km ke timur dari Candi Sambisari, tiba juga di Candi Sari, yang letaknya hanya masuk sekitar 200 meter dari tepi jalan raya Jogja – Solo km. 15. Dan sesuai dengan tema Turnamen foto Perjalanan ronde kali ini, “Let’s Jump”, Zhou pun melompat dari tangga masuk di depan bangunan Candi Sari, di depannya juga ada sepeda yang dia naiki untuk berkeliling-keliling, dan aku yang memotretnya. Setelah itu, baru kami jalan-jalan di sekitar candi dan masuk ke candi itu.

Sebenarnya, ini Zhou yang ‘berperjalanan’. Dari Jakarta, ke Jogja buat menghadiri pernikahan temannya, dan karena kebosanannya, berkeliling-keliling dengan sepeda milik Pak Pandi. Sedangkan aku, hanya memenuhi janjiku untuk iseng-iseng ajakanku yang kutanyakan kepadanya, dan kuajak Zhou berkeliling candi-candi itu.

Dan sehari setelah keliling candi ini, Zhou (rencananya) melanjutkan mbolangnya ke Malang dan tentu saja Bromo.

Èndnote :

Candi-candi kecil di sekitaran Prambanan (dalam cerita ini ada Candi Sambisari dan Candi Sari) hampir semuanya menerapkan tarif masuk sukarela, atau malah penjaganya bilang kalau gratis. Beberapa di antaranya ada yang menerapkan tarif masuk hanya di hari Sabtu dan Minggu, seperti di Candi Sambisari dan Candi Plaosan. Namun ada yang benar-benar gratis (hanya mengisi buku tamu), seperti di Candi Sari dan Candi Ijo.

3 thoughts on “She Jumped So High

  1. Pingback: Yang Berjudul di Awal Tahun | Denmas Brindhil - Situsé

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s