Selo, Menjelang 17an


20140816

Selo, apa lagi yang butuh diceritakan? Kalau tidak salah sudah ada tiga artikel tentang Selo, ada yang ‘clockwise’ dan ‘counter-clockwise’, atau apa lah.

Hal yang membedakan dengan yang sebelumnya adalah waktunya dan personilnya. Apa lagi ya? Hahahaa…

Sampai beberapa hari setelah sepedaan ke Selo itu, Merapi lebih sering tertutup mega mendung, sejak pagi. Jadi sepertinya beruntunglah kami di hari Sabtu itu bisa melihat gagahnya gunung Merapi hampir di sepanjang perjalanan kami menuju Selo via Ketep. Kalau tidak salah, awan mulai menutupi Merapi dan lerengnya setelah jam 17.00, saat kami mulai turun ke arah timur melalui Cepogo dan seterusnya hingga sampai Manisrenggo, dan kemudian masuk Yogyakarta lagi.

Merapi & Celebration

Kami? Ya, kami. Aku, Mas Ridwan, Bagus Prakoso dan Saktya, personil yang memulai start yang lebih lambat dari rombongan (yang juga menuju Selo) di hari itu. Rofi’ sang pemilik bengkel sebelumnya sempat bercerita bahwa di hari Sabtu itu dia akan ke Selo menemani rombongan bapak-bapak dari UGM. Ya karena namanya juga iseng-iseng sekaligus punya niatan untuk ‘mbarengi’, maka kami pun mengajak beberapa teman dari SMS ke SMS, dan akhirnya hanya ada empat orang itu tadi. Rombongan dari UGM katanya mulai start sejak pukul 05.30. Sedangkan kami? Kami baru memulainya menjelang jam 7 pagi. Hehehee…

Karena personilnya tak terlalu banyak, rasanya lebih cepat untuk bisa mencapai tujuan. Tengah hari, kami sudah sampai Ketep. Selo tinggal sekitar 15 km lagi. Yayaya…

Hari itu menurutku memang luar biasa. Sepanjang hari Merapi selalu tampak jelas. Pun dengan langit yang tampak membiru. Hanya ada sedikit awan yang melintas. Meskipun panas terkena sinar matahari, rasanya tetap saja sejuk karena tempat yang tinggi dan berada di lereng gunung.

North-West Peak
Lereng Merapi sisi barat laut.

Sekitar jam 2 siang, aku dapat SMS dari Rofi’, yang katanya sudah sampai Selo. Sedangkan kami masih ada beberapa kilometer yang menanjak untuk sampai ke Selo. Sampai akhirnya, sekitar jam 3 sore, kami pun berjumpa dengan beberapa anggota rombongan yang masih ada di warung sate kambing, tak jauh di sebelah barat Polsek Selo. Beberapa anggota rombongan yang lain sudah lebih dulu turun lewat timur, menuju Cepogo.

Warung Barokah, warung ini yang menjadi tujuan kami untuk beristirahat, dan tentu saja makan siang yang sudah kesorean. Buatku, ini adalah ke-enam kalinya mampir makan di warung itu, dan tentu saja si Ibu pemilik warung juga sudah hafal. Ya, itung-itung sambil menjaga tali silaturahmi, saudara yang ketemu di perjalanan.

Kembali ke hari yang luar biasa. Selain karena cuaca yang benar-benar cerah, hari itu juga sehari menjelang peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-69. Banyak sekali orang yang datang ke Selo sebelum melanjutkan tujuannya untuk mendaki Merapi atau Merbabu, tentu saja untuk kemudian melakukan upacara 17an di atas gunung. Jalanan sepanjang satu kilometer yang biasanya biasa-biasa saja, kali ini jauh lebih ramai. Di lapangan tak jauh dari kecamatan ada pasar malam, di depan kantor polsek juga telah berdiri beberapa warung tenda (yang biasanya tak ada di situ). Warung Barokah yang kami tuju pun sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut 17an esok hari. Baik sayur maupun lauknya sudah di-dobel, alias sudah ada stok lebih untuk para pendaki yang datang hari itu dan pulang keesokan harinya.

Another Selo Clockwise

Bisa dibilang, keramaian memperingati 17 Agustus menjadi salah satu bentuk rasa nasionalisme. Bagus juga. Tapi jangan sampai rasa nasionalisme yang terlalu berhura-hura kemudian meninggalkan rasa kurang sayang terhadap alam…

Satu hal sederhana yang sering kita lihat, namun seringkali terlupakan : “Buanglah sampah pada tempatnya…”

2 thoughts on “Selo, Menjelang 17an

  1. postinganku ttg ini msh berupa draft, dan dijadikan tulisan tamu di blognya orang yg sudah terkenal hehe entahlah lolos dan masuk kategori layak tayang apa nggak nantinya :mrgreen:

    dan ya itu perjalanan paling berwarna & menyenangkan sejauh ini, mari mengumpulkan semangat menuju Dieng, next destination.. :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s