Ngobaran & Nguyahan yang Bertetangga


20140126

Memang benar bahwa kedua pantai itu letaknya saling berdampingan alias jejeran dalam bahasa Jawa-nya. Namun dari kejauhan, plang nama yang sering terlihat adalah pantai Ngrenehan dan Ngobaran. Pantai Ngrenehan sendiri letaknya sekitar satu kilometer di sebelah timur Ngobaran. Baru di persimpangan terakhir sebelum sampai pantai, ada tulisan pantai Ngobaran dan Nguyahan.

Pantai Ngobaran terletak di deretan pantai selatan kabupaten Gunungkidul. Seperti pada umumnya pantai di Gunungkidul, Ngobaran juga mempunyai pasir putih. Apalagi di pantai Nguyahan, pasir putih terbentang lebih luas.

Ngobaran Beach
Pantai Ngobaran dan pura-nya, dilihat dari atas bukit di sebelah barat pantai.

Suasanan di pantai Ngobaran bisa dibilang ada miripnya dengan di Bali. Di dekat tempat parkir dan warung terdapat semacam pura dan pelatarannya untuk ibadah para pemeluk agama Hindu. Selain itu juga terdapat beberapa arca dari dewa-dewa dan beberapa tokoh pewayangan. Dari pelataran tersebut, pengunjung bisa menuruni jalan setapak menuju bagian bawah pelataran dan batuan tebing yang menjulang. Beberapa batu karang yang cukup besar bisa menjadi penghalang dari ombak yang sesekali mencapai bagian bawah dari tebing.

Another Side of The Beach
Di bawah tebing yang membatasi Ngobaran dan Nguyahan.

Cliffs
Batuan karst, karang tepi pantai, menjadi ciri khas pantai-pantai di Gunungkidul yang memiliki tebing curam dan terjal.

Pantai Ngobaran dan Nguyahan dipisahkan oleh tebing yang lumayan tinggi. Dari atas tebing tersebut bisa dilihat pemandangan lepas pantai laut selatan Jawa. Tentu saja pantai ngobaran dan Nguyahan juga bisa kelihatan dengan jelas. Puncak tebing tersebut bukan puncak yang lancip dan sempit, tetapi datar dan lumayan luas. Sebuah tenda mungkin bisa didirikan di sana. Juga ada semacam bangunan yang dikelilingi oleh tembok yang lumayan tinggi, kalau tak salah itu juga salah satu bagian dari pura yang ada di bawahnya.

Valley & The Cultivated Land
Lembah di sebelah utara pantai Nguyahan yang dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai ladang.

Pantai Nguyahan memiliki luasan pasir putih yang lebih luas, sehingga lebih cocok jika digunakan untuk bermain air atau keceh. Pun dari kejauhan terlihat lebih landai. Jalan setapak antara Ngobaran dan Nguyahan banyak terdapat warung-warung yang menyajikan menu khas laut.

Nguyahan Beach
Pantai Nguyahan dan warung-warung di sekitarnya.

Ngobaran dan Nguyahan bisa menjadi pilihan alternatif untuk dituju saat liburan, karena kebanyakan orang-orang saat ini lebih familiar dengan Baron atau pun Indrayanti, yang tentu saja akan sangat ramai dan penuh sesak saat libur tiba. Salah satu hal yang masih kurang adalah jalan menuju pantai-pantai tersebut tak terlalu besar, sehingga mungkin agak susah jika kendaraan besar ingin lewat jalan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s