Bike Njagong


Di Jakarta dan sebagian besar kota-kota besar yang lain di Indonesia sering terdengar istilah Bike to Work, yang disingkat jadi B2W, yakni berangkat dan pulang kerja dengan bersepeda. Ada juga di beberapa kampus komunitas Bike to Campus, yang kebanyakan beranggotakan para mahasiswa.

Paragraf di atas memang hanyalah sebuah awalan. Aku sebenarnya cuma pengen membuat istilah sendiri. Saat orang pada umumnya pergi kondangan dengan naik mobil atau motor serta berdandan rapi jali dan wangi, pernah suatu ketika dengan teman, pergi kondangan, atau ‘njagong’ dalam istilah Jawa-nya, dengan bersepeda. Maka kubuat istilah jadi ‘bike njagong’.

Tahun 2013 ini, pertama kali aku diajak Mas Tebe untuk njagong di daerah Magelang kota. Ketika itu bulan Januari. Dari Jogja kami memakai pakaian layaknya orang bersepeda : celana padding, bersepatu, jersey (kaos bersepeda), helm dan aksesoris lainnya. Tapi kami juga membawa pakaian ganti, pakaian formal yang nantinya dipakai saat di tempat yang punya gawe kondangan itu.

Sebelum sampai di tempat yang dituju, kami menyengaja mencari masjid atau tempat yang bisa digunakan untuk istirahat sebentar dan juga mandi, biar wangi saat kondangan nantinya. Sekitar satu kilometer sebelum sampai, sambil menunggu keringat sedikit lebih kering, kami gantian mandi. Setelah wangi dan rapi, perjalanan pun dilanjutkan ke tempat kondangan.

Sesaat setelah mandi, dan sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat resepsi.
IMG_3382 db jadul 2

Kedua kalinya di tahun ini, di bulan April kalau tidak salah, aku njagong di daerah Kalibiru, Sermo, Kulon Progo. Sebetulnya aku sudah pernah beberapa kali pergi bersepeda ke rumah temanku itu. Tapi baru kali ini pergi ke tempat itu dalam rangka acara resmi. Kakak angkatanku, yang juga si embak dari Siwi temanku, mantenan alias menikah. Pesta resepsi diadakan di rumahnya yang letaknya di sebuah desa wisata di atas bukit, sekitar tiga kilometer jalanan menanjak di utara Waduk Sermo.

Kebetulan saat itu berbarengan dengan event Jogja Audax yang memang tujuannya ke Sermo. Jadi perjalanan ke Sermo tak hanya sendiri. Cuma aku sendiri yang membawa tas pannier separo, yang berisi pakaian ganti dan alat mandi.

Ketiga. Temanku sediklat pecinta alam nikahan di bulan Juni, kalau tak salah tanggal 22. Sejak awal dia mengundang, aku bilang bahwa aku akan datang ke acara resepsinya dengan bersepeda. Rumahnya di Dekso, Kalibawang, Kulon Progo, berjarak sekitar 25 km dari kota Yogyakarta. Sepanjang itu kutempuh dalam waktu sebkitar satu jam.

Seperti biasanya saat bike njagong sebelumnya. Saat berangkat memakai pakaian bersepeda, layaknya orang mau olahraga. Tapi di dalam tas pannier telah disiapkan pakaian resmi dan alat mandi.

Sekitar satu kilometer menjelang sampai Dekso, di atas jembatan Kali Progo.
Progo River

Keempat. Mas Adi Gendut baru saja punya anak perempuan. Lalu dia mengadakan acara akekah di rumahnya di daerah Cebongan, Mlati, Sleman. Kebetulan saat itu ada banyak teman lain yang berangkatnya juga bersepeda. Tapi njagong dalam rangka akekah-an itu sudah berpakaian rapi sejak berangkat, tak seperti njagong-njagong sebelumnya yang njagong manten.

Menanti teman.
Three Bicycles

Empat kali bike-njagong di tahun 2013 ini, ada yang njagong manten alias resepsi pernikahan, ada pula yang njagong acara akekah-an. Meskipun acaranya berbeda, namun ada satu persamaan di keempat bike njagong tersebut, yaitu HUJAN.

Ya. Pulang dari acara njagong selalu saja kehujanan. Entah hanya sekedar rintik gerimis atau hujan deras. Hujan yang paling deras adalah saat aku pulang dari Sermo. Mulai dari rumah Siwi, sampai di rumahku hujan belum berhenti juga.

Namun bagaimanapun juga, hujan adalah berkah. Air pemberi kehidupan di alam semesta ini…

One thought on “Bike Njagong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s