Pantai Ngandong


20130126-27

Gunungkidul selalu memiliki sisi eksotis di tiap pantainya. Satu lagi pantai yang termasuk di deretan pantai antara pantai Sundak sampai pantai Baron adalah pantai Ngandong. Karena masih termasuk dalam satu deretan, pantai ini juga berpasir putih. Pantai ini terletak di sebelah barat pantai Sundak, tak jauh, mungkin tidak sampai 500 meter. Pintu masuknya pun jadi satu dengan pintu masuk pantai Sundak, kemudian sedikit serong ke sebelah barat.

Pantai Ngandong
Ngandong Beach

Pantai Sundak, dilihat dari sisi barat.
Sundak from West Side

Ombak yang tenang di pantai Sundak.
Calm Waves

Pantai Ngandong yang letaknya di sebelah pantai Sundak ternyata masih termasuk wilayah kecamatan Tepus, masih satu wilayah kecamatan dengan pantai Siung, Timang dan beberapa pantai lain di dekat pantai Siung.

Di pantai ini juga terdapat tempat pelelangan ikan atau TPI. Beberapa perahu nelayan juga tersandar di tepi pantai. Kadang ada juga beberapa nelayan yang pergi dan pulang melaut. Namun di saat seperti sekarang ini, antara bulan Desember sampai Februari, hanya sedikit nelayan yang pergi melaut karena angin yang kencang dan ombak yang lumayan besar.

Pantai, perahu nelayan & warung makan serta penginapan.
Ngandong Beach & Its Fisherman's Boat

Beberapa warung makan juga terdapat di pantai ini. Menu utama yang ditawarkan tentu saja masakan laut, berupa ikan goreng atau bakar. Juga tersedia menu umum, seperti mi instan, nasi goreng dan sebagainya. Sedangkan menu minuman yang khas pantai adalah kelapa muda.

Di tepi pantai, tak jauh dari warung-warung makan tersebut terdapat beberapa gazebo, dengan tiang dari kayu kelapa dan atapnya dari daun atau semacam jerami. Dengan penampilan yang semacam itu, menambah kesan alami di pantai itu. Selain itu, di salah satu warung juga terdapat beberapa kamar yang bisa disewa, disediakan bagi para turis yang ingin menginap di tempat itu.

Di sebelah timur pantai terdapat bukit karang yang tak begitu tinggi dan terjal. Di atasnya terdapat dua buah gardu pandang. Dari gardu pandang itu, kita bisa melihat pemandangan dari dua pantai, di sebelah timur adalah pantai Sundak, sedangkan di sebelah barat adalah pantai Ngandong. Bukit karang itu menjorok sekitar 40-50 meter ke tengah perairan. Di ujung batu karang adalah tempat favorit para pemancing untuk melakukan hobi mereka.

Jauh, di sebelah barat pantai Ngandong.
Far West View from The Hill

Pemancing.
Fishing on The Tip

Karang pemecah ombak.
Coral Rocks in The Sea

Pantai Ngandong hanyalah satu (lagi) dari sekian banyak pantai yang eksotik di Gunungkidul. Masih banyak pantai-pantai indah yang lain yang mungkin belum terjamah atau belum dikenal secara luas..

Pelangi di pagi hari.
Rainbow in The Morning

7 thoughts on “Pantai Ngandong

  1. yo bener mas, sundak ngulon ketemu ngandong, ngandong ngulon ketemu sadranan, njuk sadranan ngulon ketemu slili, slili ngulon ketemu krakal. *just info

    • Mungkin saya terlewat dari isi artikel ya? Hehehe. Ada. Menyewanya pun bisa semuanya (semacam teras di lantai 2 seluas lapangan badminton dan 3 kamar) atau cuma per kamarnya saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s