Eksotisme Pasir Putih Gunungkidul


Tak perlu jauh-jauh dari kota Jogja untuk bisa menikmati indahnya pantai pasir putih. Pantai-pantai di Kabupaten Gunungkidul hampir semuanya berpasir putih. Mulai dari pantai Gesing di kecamatan Panggang sampai pantai Sadeng di ujung timur Gunungkidul, pasir putih membentang.

Kembali membuka file-file foto lama di komputer, ternyata terselip beberapa foto pantai Menyer yang terletak di kecamatan Tepus. Cerita tentang pantai ini sebelumnya sudah pernah kuceritakan di cerita Pantai Menyer ini.

Beberapa hal yang menarik di pantai ini adalah akses menuju pantainya yang bisa disebut ekstrem, karena harus menuruni tebing vertikal (setinggi kira-kira 10 meter), kemudian menyusuri jalan setapak menurun di bawah lereng curam, baru kemudian sampai di hamparan pasir putih di tepi pantai.

Akses ke pantai yang harus menuruni tebing vertikal
Climb Down to get to The Beach

Hamparan pasir putihnya tak terlalu lebar, namun memanjang dari barat ke timur. Di sela-sela karang bisa ditemukan biota laut yang sangat beragam, mulai dari moluska (siput atau kerang-kerangan), rumput laut yang beraneka rupa, kelabang laut, bulu babi, bahkan kadang bisa dijumpai pula belut Morray, namun ukurannya tak besar.

Saat sedang surut
Menyer Beach, White Sands and Corals

Batas antara pasir dan batu karang yang tampak jelas
Another View of The Beach

Jika sedang malam purnama, penduduk sekitar biasa memanen siput yang banyak berkeliaran di pasir pantai malam itu. Menurut penduduk setempat, sekali panen, tiap orang bisa mendapatkan sekitar 10 kg lebih siput tersebut. Siput itu kemudian diolah menjadi sate atau keripik siput yang kemudian dijual sebagai makanan ringan atau camilan.

Ya, itulah pantai di Gunungkidul. Cerita keindahannya takkanj pernah habis dikupas dan diceritakan kembali. Sensasi yang berbeda di tiap-tiap pantainya menjdaikan kekayaan wisata dan budaya yang ada di Gunungkidul. Ada baiknya keaslian dan kealamian lingkungan tetap dijaga, agar tetap bisa dinikmati dan tak hanya menjadi sekedar cerita lalu belaka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s