Srikandi Bike 2 Work ke Purworejo


20120424

Sejak hari Minggu, 22 April 2012, Bagus Abdurrahman Wahid memberitahuku kalau ada rombongan Srikandi Bike 2 Work yang touring Jepara-Bandung (memeringati hari Kartini) singgah di Jogja.

Dua hari rombongan tersebut ada di kota Jogja, dan pada hari Selasa, 24 April, mereka melanjutkan perjalanan ke Gombong. Pada hari itu, acara pelepasan rombongan keluar Jogja dilakukan di Balai Kota Yogyakarta. Sebanyak 21 orang perempuan dari beberapa kota besar di Jawa ada dalam rombongan itu. Setelah beberapa sambutan dari pihak terkait dan pengibaran bendera start, rombongan pun mulai jalan.

Sekitar pukul 8 pagi, rombongan keluar dari kompleks Balai Kota dan menuju ke barat melewati jalan Kusumanegara. Rutenya lurus ke barat hingga masuk jalan Wates di daerah Gamping. Meskipun tanpa kawalan polisi di depan (malah mobil ambulans yang memimpin rombongan), rombongan bisa berjajar rapi 2-2 melewati jalur bagian tengah di jalan Wates. Para Srikandi (pesepeda perempuan) berada di rombongan depan, dengan dibantu 5 orang pesepeda laki-laki sebagai supporting team. Dua orang ada di depan rombongan Srkandi sebagai pengatur tempo dan kecepatan, sedangkan tiga sisanya ada di belakang, membantu jika ada Srikandi yang kehabisan air minum dan sebagainya.

Aku, Mas Imam Tsj, Mas Bagus, Adera dan Pak Supriyadi Plat Ab yang cuma ngombyongi rombongan ada di bagian belakang, tapi tetap bisa jadi satu kesatuan dengan rombongan utama. Sedangkan Pak Yo (Yohannes Pakjo) ada di depan.

Sekitar 30 menit rombongan sempat berhenti di POM bensin di daerah Rewulu. Meskipun baru 14 km dari titik start (Balai Kota) sudah istirahat cukup lama. Mungkin untuk adaptasi bagi tubuh sebelum menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Sampai di jembatan Kali Progo (perbatasan Bantul dengan Kulon Progo, Pak Yo kembali ke Jogja dan memisahkan diri dengan rombongan. Mulai dari situ, rombongan pengikut dari Jogja hanya lima orang saja.

Masuk kota Wates, Kulon Progo, rombongan hanya melewatinya saja. Sampai di perbatasan DI Yogyakarta-Jawa Tengah, ada insiden di mana salah seorang Srikandi sedikit oleng dan terjatuh. Namun hal itu tidak terlalu parah, dan beberapa saat kemudian perjalanan dilanjutkan.

Di perbatasan DI Yogyakarta-Jawa Tengah, kami sudah disambut oleh orang-orang dari Purworejo. Mungkin ada juga pejabat daerah Purworejo, dan tentu saja para pesepeda dari Purworejo. Setelah masuk wilayah Purworejo itu, rombongan menjadi bertambah banyak dan panjang.

Sepanjang jalan raya dari Jogja sampai masuk Purworejo, rombongan menggunakan lajur tengah, sehingga kendaraan lain yang ingin mendahului rombongan harus lewat sebelah kiri rombongan.

Sambutan kepada rombongan Srikandi di wilayah Purworejo luar biasa. Anak-anak SD dan SMA sangat antusias menyambut rombongan di sisi jalan. Penduduk sekitar mungkin juga heran ada rombongan pesepeda yang cukup banyak lewat di daerah mereka.

Pada sekitar pukul 12 siang, rombongan Srikandi sampai juga di Pendopo Kabupaten Purworejo. Setelah sampai, langsung dilanjutkan dengan istirahat sejenak dan makan siang. Aku dan teman-teman lain dari Jogja langsung mencari meja dan tempat duduk yang masih kosong. Sejenak istirahat sembari makan siang dan menikmati hiburan organ tunggal musik dangdut dan campursari yang sudah disiapkan panitia di tempat itu.

Setelah makan siang, ada semacam upacara penerimaan dan pelepasan rombongan menuju garis finish hari itu, menuju Gombong. Setelah sedikit seremonial, pukul 13.30 rombongan Srikandi pun melanjutkan perjalanan mereka ke barat, aku, Adera, Pak Supri dan Bagus balik kanan kembali ke Jogja, sedangkan Mas Imam ikut rombongan sampai Gombong pula.

Menyenangkan juga..

2 thoughts on “Srikandi Bike 2 Work ke Purworejo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s