Ke Temanggung Mengantar Teman

20120203-04

Seorang teman, yang anak UGM juga, namanya Ladyy Denker, dan temannya lagi namanya Septi, punya niatan untuk bersepeda sampai ke ibukota Jakarta. Sehari sebelumnya, mereka kutemani ke bengkel sepeda langgananku untuk full servis sepeda mereka berdua. Baru keesokan harinya mereka berangkat, dan aku sekedar menemaninya, sekaligus dolan.

Jumat pagi, sekitar jam 9, kami bertiga berkumpul di dekat Monumen Jogja Kembali, tepatnya di dekat halte TransJogja selatan jalan. Aku yang terakhir sampai. Setelah beberapa saat, maka kami langsung cabut.

Sepedaan kali ini sedikit berbeda dari biasanya. Kalau biasanya bareng teman-teman yang sesama laki-laki, kali ini yang kutemani 2 orang perempuan. Tentu saja, kayuahnnya pun berbeda. Ini yang namanya benar-benar menikmati perjalanan, tanpa ada rasa terburu-buru. Sepanjang jalan Magelang, jalannya memang naik sedikit demi sedikit, dan demikian pula, kayuhan pelan namun pasti.

Kami ‘sarapan’ di warung makan nasi rames di depan RSUD Sleman, sekitar jam 10.30. Eeh, ternyata prasmanan. Masing-masing mengambil piring dan menu makanan kesukaannya.

Dari situ, ternyata Tempel sudah tak begitu jauhnya. Setelah lewat jembatan Kali Krasak di Tempel, rasanya Muntilan sudah dekat. Padahal yang mungkin saja jauh, wong masih 8 km lagi dari Tempel.

Menjelang tengah hari, kami pun lewat juga kota Muntilan. Kami berhenti di bank untuk membayar uang kuliah sekaligus juga dimanfaatkan untuk istirahat. Setelah semua urusan pembayaran selesai, kami pun melanjutkan perjalanan ke Magelang.

Pertigaan Palbapang ke arah Blabak dan Magelang, yang jalannya jadi lebar sekali, baru terasa tanjakannya. Selain lebar, juga panjang. Tanjakan yang ada di depan pun tampak dengan jelas. Beberapa saat kami berhenti untuk istirahat, dan memang benar-benar santai.

Memasuki kota Magelang, hujan rintik-rintik sudah mulai turun. Beberapa kali pula kami harus berhenti untuk berteduh. Meskipun sudah memakai jas hujan murahan, tetap saja kalau hujannya deras juga akan kuyup. Hampir sampai Secang, kami memutuskan untuk lewat jalan alternatif ke Temanggung. Meskipun jalannya sempit, namun aspalnya sangat halus.

Jalan alternatif itu tembus di jalan raya Secang-Temanggung, kota Temanggung kurang 9 km lagi. Saat itu sudah sekitar jam 5 sore, dan gerimis pun masih menemani.

Pelan tapi pasti, kami pun masuk kota Temanggung. Hampir pukul 7 malam ketika itu. Aku lupa, ternyata masih harus lewat 2 tanjakan lagi untuk benar-benar masuk wilayah kota Temanggung, dan akhirnya sampai di alun-alun Temanggung. Tanpa perlu berpikir lama, kami langsung menuju salah satu warung tenda di dekat alun-alun, dan akhirnya, makan malam. Hujan pun kembali mengguyur agak deras.

Pecel lele dan tempe-tahu penyetan khas warung Lamongan. Tak jauh beda dengan yang ada di Jogja. Tak apalah. Paling tidak bisa untuk mengisi perut. Padahal pengennya nyari menu yang ada khasnya Temanggung. Tapi nggak nemu.

Sekitar jam 9 malam, kami sudah selesai makan, dan kami putuskan untuk bermalam di masjid agung Temanggung. Ternyata di masjid itu ada bapak-bapak penjaganya. Sekalian saja aku minta izin untuk bermalam di masjid, dan diperbolehkan. Bapak penjaga meminjamkan karpet untuk alas tidur, dan akhirnya bisa beristirahat dengan nyaman dan hangat di malam yang masih diguyur hujan gerimis itu.

Istirahat…

Give me good books and good bike…

2 gadis yang akan pergi ke Jakarta. Langit mendung kota Magelang menanti di depan.

Dengan berlatarbelakang sawah padi yang hiaju, sekitar 5 km dari kota Temanggung.