Pantai Njogan. Jangan berpikir tentang pasir putih.


Pantai Njogan letaknya di sebelah barat pantai Siung. Jalan menuju ke pantai Njogan hampir sama dengan ke pantai Siung. Bedanya, kalau ke pantai Siung terus melewati jalan aspal, untuk ke pantai Njogan harus lewat jalan dari cor blok semen, sekitar 2 km sebelum pantai Siung masuk ke barat.

Persimpangan jalan aspal dan cor blok terletak sebelum gua Mendolo, tempat penduduk sekitar biasa mengambil air ketika musim kemarau tiba. Dari persimpangan jalan aspal dan jalan cor blok itu, masih harus masuk lagi lebih jauh, sekitar 1 km. Saat ini, jalan itu sudah bisa dilewati dengan menggunakan motor.

Mungkin tak seperti pantai pada umumnya. Jangan harap pengunjung bisa menikmati bersantai-santai sambil bermain pasir pantai. Pantai Njogan adalah pantai karang. Primadona pantai ini adalah air terjun, yang tingginya sekitar 5 meter, dengan air yang mengucur dari sungai kecil yang keluar dari gua Mendolo, keluar menuju pantai karang itu.

Kita pun bisa mandi di bawah air terjun itu. Namun harus tetap berhati-hati untuk turun ke pantainya, karena jalan setapak yang licin dan tentu saja batuan karang yang lumayan lancip.

Selain tempat parkir bagi kendaraan, khususnya untuk motor, di dekat tempat parkir juga terdapat toilet dan beberapa warung. Warung tersebut hanya buka di waktu-waktu tertentu, misalnya ketika hari Sabtu atau Minggu, saat banyak pengunjung yang datang.

Di sebelah barat dari air terjun pantai Njogan masih terdapat banyak tumbuhan pandan laut yang tepi daunnya terdapat duri-duri kecil. Namun ada juga tempat yang datar dan lapang. Kita pun bisa menikmati pemandangan laut lepas dari gubug kecil di ujung karang di sebelah barat air terjun. Lebih ke barat lagi, terdapat semacam daratan datar yang sedikit menjorok ke laut. Untuk yang hobi berkemah/camping bisa melakukannya di tempat itu. Dan yang tidak boleh terlupa, Jagalah Kebersihan!!

Di sebelah timur air terjun berupa bukit yang menjulang tinggi. Namun jika kita suka trekking dan mengikuti jalan setapak orang yang mencari rumput, maka kita akan sampai di pantai Nglambor.

Dari sisi bukit tersebut, dari ketinggian dapat terlihat air terjun pantai Njogan dan area di sebelah baratnya. Pulau Panjang/pantai Timang terlihat sangat kecil di kejauhan. Harus tetap berhati-hati!! Karena tempat tersebut langsung menjorok ke lautan lepas.

Bagi yang suka menghabiskan waktu, menikmati pemandangan dan bersabar menunggu sampai sore, pantai Njogan menyuguhkan pemandangan sunset yang indah. Dengan catatan, apabila tidak mendung atau hujan.

Gunungkidul. Kabupaten terluas di wilayah DIY. Juga salah satu wilayah karst di dunia. Masih menyajikan kekayaan alam yang patut dijaga agar tetap bisa dinikmati keindahannya.

Air terjun pantai Njogan, dari sebelah timur.

Masih air terjunnya. Kali ini dilihat lebih dekat.

Pantai Njogan dilihat dari atas bukit di sebelah timurnya.

Juga dari atas bukit di sebelah timur pantai Njogan, di kejauhan tampak pulau Panjang/pantai Timang.

Mendung di pantai selatan.

Sunset di pantai Njogan.

6 thoughts on “Pantai Njogan. Jangan berpikir tentang pasir putih.

  1. Pingback: Repost : Sunset in The South Sea | Denmas Brindhil - Situsé

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s