Touring ke Utara #1

20111223-26

Awalnya, rencana untuk pergi ke Semarang cuma antara aku dan Mas Yoga. Aku karena ada acara keluarga di Boja, Kendal, dan Mas Yoga yang pengen sepedaan touring muter-muter entah ke mana setelah dari Semarang, tentu saja lengkap dengan segala pernak-perniknya. Kemudian, dari obrolan berdua, Kang Supri tertarik ikutan. Dan di hari-H keberangkatan ke Semarang, 23 Desember 2011, Mas Bagus ikutan juga.

23 Desember 2011. Pagi di perempatan Tugu.

23 Desember 2011, pagi hari, sekitar jam 6, kami sepakat untuk berkumpul di perempatan Tugu Jogja. Dari situ, kami beranjak ke barat ke perempatan Pingit, dan kemudian menuju utara melewati jalan Magelang. Kalau naik motor atau kendaraan bermotor lain, lewat jalan Magelang ke utara dari Pingit ke ringroad rasanya biasa saja. Tapi kalau naik sepeda, terasa kalau sebenarnya jalan itu nanjak, tapi landai.

Semakin ke utara, jalanan rasanya semakin nanjak saja, terutama saat sebelum di jembatan Tempel. Beratnya sangat terasa, apalagi ada tambahan barang bawaan di rak belakang.

Ketika lewat jembatan Tempel.

Sekitar jam 9 pagi, kami sudah sampai di Muntilan, dan langsung saja mencari warung makan, dan kami pun sarapan, meskipun sebenarnya ada juga yang sudah sarapan. Seperti biasa, menu pilihan : SOTO.

Jalanan sudah mulai naik-turun.

Sampai menjelang tengah hari, cuaca panas menyengat, ditambah lagi dengan barang bawaan dan jalanan menanjak, lebih cepat lagi keringat bercucuran. Sekitar jam 10.30 kami sudah melewati Secang dan masuk wilayah Pringsurat, Temanggung. Dari situ, jalanan mulai naik-turun (rolling). Asyik juga. Dengan barang bawaan yang lumayan, gerak sepeda jadi lebih stabil pas kecepatan agak tinggi, terutama saat di turunan.

Jam 11.30 kami sepakat untuk berhenti untuk beribadah Jumat sekaligus juga beristirahat. Hingga hampir jam 1 siang, kami leyeh-leyeh dan menikmati hembusan angin di masjid di daerah Banaran. Menjelang jam 1, kami pun meneruskan perjalanan ke Semarang. Tanjakan yang asyik adalah tanjakan kebon kopi setelah Banaran Resto, menjelang garpura ‘Selamat Datang di Kabupaten Semarang’, tapi kami berempat lulus semua.

Tanjakan kebon kopi, sebelum masuk gapura Kabupaten Semarang.

Nah dari situ, jalanan mulai melandai dan menurun hingga sampai di Ambarawa, di mana kami kemudian berhenti di sebuah warung untuk makan siang, atau lebih tepatnya makan hampir sore, karena sudah jam 14.30. Sebelumnya, dari Kopi Eva sampai sebelum Ambarawa, kami kehujanan.

Di warung yang harga makanannya bikin misuh. Dari kiri-kanan : Mas Yoga, aku, Mas Bagus, Kang Supri.

Jam 15.00, aku pun berpikir, “Apa ini nyandhak untuk sampai di Boja sebelum hari gelap?!” Saat itu pun aku belum tahu jawabnya. Yang ada hanyalah sampai ke Ungaran dulu. Dari Ambarawa, kami melewati jalan alternatif ke Semarang (jadi tidak lewat Bawen). Ya ampuuunn tanjakannya. Meskipun jalan alternatif, tapi yang bikin susah adalah sempitnya jalan dan tanjakan yang lurus menjulang, sekitar 500 meter.

Entah berapa lama waktu kami melewati jalan itu, hingga akhirnya sampai juga di jalan raya Bawen-Semarang. Ke arah Semarang, yang ada hanyalah turunan. Turuuunn terus sampai ke Semarang. Akhirnya, jam 16.30, kami sampai juga di Ungaran dekat alun-alun. Aku pun berpisah dengan teman-teman. Aku belok ke kiri ke arah Gunungpati-Boja, teman-teman terus ke utara menuju Simpang Lima Semarang, dan sudah ditunggu teman-teman MTB Federal Semarang.

Aku tidak tahu berapa jarak Ungaran-Boja. Pokoknya jalanan yang ada dan harus dilewati ya dilewati saja. Tanjakan dan turunan silih berganti, tapi asyik. Hari sudah tidak panas dan baru saja hujan, jadi rasanya segarr. Sekitar jam 17.20, aku pun sudah sampai di rumah Eyang di Tampingan, Boja. Sampai di rumah Eyang, baru tahu kalau Ungaran-Boja berjarak 19an km. Dan total perjalanan hari itu 120an km.

..bersambung ke #2..

One thought on “Touring ke Utara #1

1. Pingback: Hi. This is the latest trip I've done. | Raditya - Cycling Indonesia And The World Soon