Gua Pindul. Ketika Teman-teman ber-Cave Tubing


20111022

Gua Pindul terletak di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, Gunungkidul. Saat ini, mungkin sudah banyak namanya disebut, baik di koran ataupun di internet. Gua ini adalah gua yang terdapat sungai bawah tanah di dalamnya. Wisata utama yang ditawarkan di tempat tersebut adalah cave tubing.

Entah benar atau salah istilah cave tubing itu. Cave tubing adalah menelusuri sungai bawah tanah yang ada di gua itu dengan menaiki ban dalam mobil alias kita mengambang dengan ban tersebut mengikuti arus air sungai.

Kegiatan cave tubing ini dapat dilakukan oloeh sedikit maupun banyak orang sekaligus. Untuk kegiatan itu, tiap orang dikenakan biaya Rp. 25000,-. Perjalanan menelusuri gua diawali di dekat basecamp Wira Wisata. Pemandu akan memandu wisatawan yang meleusur gua. Katanya, penelusuran gua dengan mengikuti aliran air itu berlangsung sekitar 30-45 menit, dengan jarak tempuh di dalam gua sekitar 400-500 meter.

1 Oktober 2011

Hari itu diajak oleh Pak Supri Pogung, bareng dengan Pak Sarbini dan Pak Joko, mengawali perjalanan sepedaan ke gua Pindul di Gejayan. Di Janti, bergabung Kang Supri. Kami berlima lewat jalan raya utama menuju Wonosari. Dan perjalanan sejauh sekitar 40 km ditempuh dalam waktu 3 jam kurang saja.

Sampai di Siyono, kami mengambil arah ke utara, melewati ring road Wonosari. Katanya, untuk ke gua Pindul, harus sampai ke perempatan Grogol lalu ke arah utara sekitar 4 km. Ternyata, di sepanjang perjalanan memang sudah ada papan petunjuk arah ke gua Pindul. Kami mengikuti saja papan petunjuk itu dan sampai juga di kawasan gua Pindul.

Sampai di gua Pindul, ya seperti biasanya kalau sepedaan bareng rombongan bapak-bapak, kami hanya menikmati pemandangan di sekitar gua, tanya-tanya kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di situ dan berapa biayanya, dan lain-lain. Dan kami pun memang tidak berencana untuk nyemplung ke guat itu. Salah seorang temanku yang naik sepeda motor karena penasaran dfengan gua Pindul yang lebih sibuk dan detail untuk menanyakan bermacam hal yang lain.

22 Oktober 2011

Ketika tanggal 1 Oktober sudah banyak bertanya tentang detail untuk ber-cave tubing di gua Pindul, hari Sabtu 22 Oktober menjadi hari di mana teman-teman yang lain benar-benar melakukan cave tubing. Aku tidak ada niatan untuk ikut ber-cave tubing. Aku Cuma pengen sepedaan saja ke gua Pindul (padahal tanggal 1 Oktober sudah ke sana juga).

11 orang temanku sampai di basecamp gua Pindul sekitar jam 8 pagi, aku dan Kang Supri yang nggenjot sepeda dari Jogja sampai di sana 10 menit kemudian. Ooohh cepatnya, nggak selisih jauh dengan yang motoran.

Kang Supri ikut untuk ber-cave tubing, sedangkan Mbak Dani tidak. Jadi aku dan Mbak Dani yang jadi tukang potret kesibukan teman-treman yang lain. Muali dari memakai kelengkapan untuk nyemplung ke gua sampai start perjalanan di dekat entrance gua.

Ketika salah seorang warga bilang bahwa mobil pick-up mau menjemput teman-teman di finish penelusuran gua, aku dan Mbak Dani ikut menjemput. Maksudnya juga sama, masih tetap jadi tukang potret.

Di akhir gua, tempat keluarnya teman-teman dari gua, dasar sungai agak dalam. Dan kata pemandunya bisa digunakan untuk terjun (ambyur) dari bebatuan di atas sungai ke sungai. Sepertinya asyik. Maka aku pun ngomong ke pemandunya untuk mencoba ambyur sekali.

Selesai dari gua Pindul, teman-teman melanjutkan rafting di Kali Oya, dan aku pun pulang kembali ke basecamp dan akhirnya pulang ke Jogja. Masih tetap bersepeda.

Beberapa foto saat di Gua Pindul :

Pak Supri (baju kuning) di seberang entrance gua Pindul.

Aksiku saat terjun dari atas batu di mulut keluar gua Pindul.

2 thoughts on “Gua Pindul. Ketika Teman-teman ber-Cave Tubing

  1. Pingback: Testimonial Pengunjung | Cave Tubing Goa Pindul

Leave a Reply

