Kutoarjo-Purworejo-Transit di Rumah Alifi

20111016

Kutoarjo, sebuah kota kecil, kota kecamatan, letaknya sekitar 10 km sebelah barat Purworejo. Kesannya seperti kota yang lumayan ramai, karena dilewati jalan raya lintas selatan Pulau Jawa.

Kenapa Kutoarjo? Pakdhe Yanto yang orang Cimahi pernah bercerita bahwa kalau pengen loading sepeda ke kereta api dan nantinya mau ke Bandung bisa dilakukan jika berangkatnya dari stasiun Kutoarjo.

Maka pada hari itu, Minggu 16 Oktober 2011, seperti biasa, atau hanya kami berdua yang suka ngepit jarak jauh, aku dan Pak Supriyadi Plat Ab pergi ke Kutoarjo.

Dari deket rumah Pak Supri sekitar jam 06.30. Kami berdua lewat jalan raya Jogja-Purworejo. Jogja-Wates ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Setelah lewat kota Wates, kami lewat jalan alternatif ke arah Kokap yang ada tembusannya ke Bagelen, Purworejo. Jadi kami tidak lewat jalan raya dan melewati gapura batas provinsi DIY-Jateng.

Sekitar 11 km kami lewat jalanan aspal kualitas desa, sampai juga (lagi) di jalan raya menuju Purworejo, dan ternyata memang betul sudah masuk wilayah Bagelen (meskipun sebelumnya aku sedikit bingung karena banyak papan keterangan alamat yang menyebut Kokap, Kulon Progo; belum masuk Jateng).

Tak sampai 30 menit kami pun masuk ke kota Purworejo dan sarapan di warung soto sebelum masuki ke arah alun-alun. 1 porsi soto dan segelas the panas kiranya cukup buat mengganjal perut untuk meneruskan perjalanan ke Kutoarjo.

Ternyata oh ternyata, Kutoarjo tidak sejauh yang aku kira dari Purworejo. Berjarak hanya sekitar 9-10 km, kami sampi Kutoarjo kira-kira dalam seperempat jam saja.

Sebenarnya ada tujuan kenapa kami sepedaan sampai ke Kutoarjo. Namun sebaiknya ini saja yang dijadikan cerita. Berikut …..

Kembali ke awal tulisan ini. Cerita dari Pakdhe Yanto. Dan kami berdua pun menuju stasiun Kutoarjo sesampainya di sana. Yang namanya penasaran maka butuh untuk dibuktikan. Aku pun bertanya ke mbaknya yang sedang melayani penjualan tiket di loket. Tiket/karcis per orang dari Kutoarjo ke Bandung naik kereta Kutojaya seharga Rp. 20.000. Ketika kutanya berapa biaya untuk sepeda, mbaknya bilang kalau per sepeda dihargai Rp. 17.000. Jadi dengan biaya Rp. 37.000, kita sudah bisa bersepeda DI Bandung (dengan catatan, dari Jogja ke Kutoarjo dulu; Hahaa).

Ya seperti itulah. Setelah tahu, bagaimana dan berapa-nya, hal itu jadi sebuah cita-cita yang suatu saat nanti pengen diwujudkan.

Stasiun Kutoarjo.

Kembali ke cerita perjalanan. Setelah dari Kutoarjo, kami pun kembali ke Purworejo. Memang sudah sejak awal aku punya rencana untuk mampir ke rumah temanku yang asli Purworejo, Alifi. Rumahnya kira-kira di sebelah barat laut dari alun-alun, sekitar 4 km. Di rumah Alifi, aku dan Pak Pri istirahat agak puas, karena bisa leyeh-leyeh dan ngisis, meskipun saat itu sedang panas cerah. Di rumahnya, kami pun disuruh untuk makan siang dulu sebelum balik ke Jogja. Kebetulan ketika itu di rumah Alifi sedang banyak saudaranya, jadi ramai.

Sekitar 1 jam lebih sedikit kami berdua singgah di rumah Alifi. Maturnuwun ya Fi. Kami pun pulang ke Jogja sekitar jam 13.45. Sekitar 1 jam 20 menit kami sudah sampai di batas wilayah Jogja-Jateng. Sesaat waktu sembari beristirahat kami manfaatkan untuk foto-foto sebagai bukti kami sudah pernah sampai tempat itu. Wates menanti.

Di Wates, kami mampir di angkringan. Aku lupa angkringan pak siapa itu pemiliknya. Pokoknya, perut sedikit terisi lagi sebelum pulang ke Jogja.

Dan ternyata, mengisi perut itu penting. Karena nyatanya, dari Wates sampai rumah Sagan (Jogja) aku tempuh dalam waktu 1 jam 22 menit!! Sedangkan Pak Pri hanya 1 jam 6 menit karena rumahnya lebih dekat. Hehee. 169,3 km hari itu.

2 thoughts on “Kutoarjo-Purworejo-Transit di Rumah Alifi

1. Mantap…..tapi kok ora coba gurihnya Kupat Tahu di Kutoarjo, atau coba trek Kutoarjo , Bruno,
    Wonosobo, Secang, Magelang baru balik ke Yojo tks.