no comment #2


Pernah suatu ketika, saat itu sekiat setelah waktu magrib, di angkringan Pak Ripto, seberang Gedung Pusat UGM :
“Mas, nek numindakke apa-apa kabeh ki kudu sing tenanan, supaya uga kasil sing tenanan,” begitu kata bapak tukang becak yang sedang ngangkring.

Memang benar apa yang dikatakan pak tukang becak. Menurutku, supaya ada perimbangannya. Kalau kita berusaha dengan sungguh-sungguh, maka kemungkinan besar hasil yang kita peroleh akan seperti apa yang kita harapkan. Sebaliknya, contoh yang gampang, ketika akan menghadapi ulangan umum, jika belajarnya kurang, maka kita akan merasa kesulitan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di ulangan itu.

Tentang angkringan Pak Ripto, tentu saja penjualnya adalah Pak Ripto. Seorang yang asli Klaten, entah aku lupa daerah mana tepatnya. Kadang aku mampir dan jajan di angkringannya ketika beliau sedang giliran untuk berjualan (karena biasanya bergantian dengan bapak yang satunya). Sering juga aku berlama-lama untuk bareng mendengarkan campursari dari radionya yang bersuara lirih, kalah dengan suara kendaraan yang lalu lalang di jalan.

Salah satu yang asyik dan pernah beberapa kali terjadi :
“Wis Mas, coffemix jahe nek nggo Njenengan 2500 mawon. Pun nuwun. Kapan-kapan mampir maneh lho Mas,” suatu ketika Pak Ripto pernah berkata begitu.
Padahal setahuku, biasanya jahe panas itu 1500, coffemix 1500, susu jahe 3000. Itu kalau harganya belum naik karena naiknya harga barang-barang kebutuhan pokok.

Begitu pula dengan langgananku di depan kantor kecamatan Gondokusuman, tempat di mana aku biasanya mereparasi dan membuat tas baru.
Beberapa hari yang lalu, bapaknya yang biasa memperbaiki tas berkata, “5000 wae Mas, ning nek karo sing liya ya kelakon 8000. Santai wae, padha-padha kepenake.” Itu setelah si bapak selesai mengganti ritsleting tasku yang rusak.

Ya begitulah sedikit tulisan ini, tanpa ada judul dan isi yang kurang begitu jelas. Tapi paling tidak sudah bisa bercerita tentang asyiknya melakukan sesuatu dengan senang hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s