no comment #1 – Atas nama ‘Istimewa’


20110915

Ketika yang seharusnya sudah mulai terlelap, terhadang dengan entah keinginan dari mana, membuat mata masih terbuka dan badan masih ingin bergiat.

Entah apa yang sebenarnya ada di dalam keinginan, namun sambil lalu saja. Bob Marley dalam sebuah lagunya : “Everything is gonna be alright..” Ya benar. Semuanya akan baik-baik saja. Pernah pula seorang teman KKNku berkata : “Semuanya akan indah pada waktunya.” Kapan?! Nah itulah. Suatu saat nanti pasti. Atau, tinggal bagaimana kita bisa memaknai arti ‘indah’ itu.

Seperti banyak malam yang telah lalu, sambil memutar tuning pada radio, mencari gelombang radio yang menyiarkan wayang kulit. Ya, wayang kulit. Meskipun tidak secara live. Tapi, bagaimana dengan keadaan saat ini?! Adakah kawula muda yang suka (baca : melestarikan tradisi)?! Aku sendiri pun tidak bisa bagaimana cara untuk mendalang, nembang pun aku tak bisa. Salute pada Suwargi Mbah Hadi Sugito, Suwargi Mbah Timbul Hadiprayitno dan Suwargi Mbah Suparman. Kini ada penerusmu, Ki Seno Nugroho dan yang lainnya.

Kontras memang. Anak muda yang gaweannya mengisi waktu tengah malamnya dengan stay tune pada radio dan mendengarkan siaran wayang kulit. Aku pun cuma berkata * “Kalau bukan kita yang masih muda berusaha melestarikan, nanti siapa lagi?! Mosok yang bergiat dan bernikmat hanya yang sepuh-sepuh saja?!”. Itulah jawabanku, sedikit usaha untuk turut melestarikan tradisi dan budaya yang berharga ini/itu.

Dari hal itu, mungkin ada kaitannya juga. Salah satu hal yang membuat Jogja memang istimewa..

Tetap berbudaya..

5 thoughts on “no comment #1 – Atas nama ‘Istimewa’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s