Muter-muter dari Pakem sampai Sentolo

20110720

Seperti biasa, hari Rabu pagi aku gowes ke Pakem, sampai ke Warung Ijo. Segelas teh panas, satu potong tahu pong dan dua buah bakwan biasanya cukup untuk sekedar mengganjal perut. Selain karena setiap Rabu aku ke Pakem, pagi itu juga untuk menanyakan kepastian tanggal 24 Juli, apakah jadi bersepeda ke Temanggung atau tidak. Bareng rombongan mas-mas dan bapak-bapak, biasanya jarak jauh pun dapat ditempuh dalam waktu setengah hari. Berangkat pagi hari, sampai Jogja sebelum matahari tenggelam. Namun setelah bertanya ke Pak Lucito, yang rumahnya di Temanggung jadi tujuan acara sepedaan besok, ternyata Pak Lucito sendiri yang tidak bisa pada hari itu, sepertinya diundur satu minggu lagi, jadi tanggal 31 Juli, persis satu hari sebelum mulai puasa.

Sekitar 30 menit aku duduk-duduk dan ngobrol di depan Warung Ijo itu, hingga akhirnya kuputuskan untuk mengayuh sepeda ke arah barat. Kebetulan Mas Sigit dan Pak Pri sedang sepedaan ke arah PPSJ, lewat jalan Godean. Aku bermaksud hanya sekedar ketemu, kalau mereka langsung ke PPSJ, aku balik arah ke Jogja dan pulang.

Dari Pakem ke barat dan turun melewati jalan Palagan Tentara Pelajar. Di km. 9, aku menuju arah jalan Magelang. Sampai di jalan Magelang km. 10 aku ke arah selatan menuju Jombor, hingga perempatan makam seorang dokter (aku lupa namanya siapa) aku kembali mengarah ke barat menuju Cebongan, Seyegan dan Minggir.

Terus menuju arah barat melewati jalanan di antara hamparan sawah yang kebanyakan masih menghijau, akhirnya sampai juga di daerah Minggir. Kemudian menuju Dekso yang sudah termasuk kabupaten Kulon Progo melewati jembatan kali Progo yang terletak antara Dekso-Minggir. Dari Dekso, perempatan Kenteng yang menjadi tempat ketemuan antara aku dengan Mas Sigit dan Pak Supri tinggal 5 km lagi. Ternyata jarak sekitar 5 km itu dapat aku tempuh dalam waktu 19 menit, tak sampai 20 menit.

Bertemu Mas Sigit, Pak Supri dan Mas Sepri di perempatan Kenteng. Setelah istirahat sebentar dan minum segelas teh anget, kami pun melanjutkan perjalanan. Di antara kami, yang tahu rutenya adalah Mas Sigit. Dari perempatan Kenteng ke arah barat melewati pasar Kenteng, kemudian ke arah selatan menelusuri jalanan di samping selokan, entah apa namanya selokan itu. Akhirnya sampai juga di jalan arah Girimulyo kalau tidak salah. Tapi ternyata masih ke arah selatan, kembali menyusuri pinggiran selokan itu. Tak terlalu jauh, ternyata kembali sampai di jalanan aspal yang bisa dikatakan halus. Sampai di jalan Nanggulan-Wates. Jalanan yang naik-turun layaknya biasa saja.

Kupikir jauh, ternyata dari Nanggulan sampai ke PPSJ melewati jalan yang naik-turun itu tak lebih dari 15 km. Bahkan ke Wates saja hanya tinggal 3-4 km saja. Apa mungkin belum pernah lewat jalan itu rasanya jadi jauh?!?!

Sampai di PPSJ, Mas Sigit, Mas Sepri dan Pak Supri berhenti, karena rencananya mereka ingin masuk. Aku yang hanya ingin muter-muter saja langsung meneruskan kayuhanku ke arah Sentolo. Lagi-lagi, ternyata dari pertigaan sebelah selatan PPSJ sampai ke Sentolo (pasar) hanya 5 km. Pelan-pelan tapi pasti, akhirnya sampai juga di pasar Sentolo, sekitar 20 menit. Di depan kantor pos, aku membeli dawet, sedikit menghilangkan haus, karena aku pada awalnya tidak berniat untuk sampai ke sana dan tak membawa bekal minum.

Tak beberapa lama, Mas Sigit, Pak Supri dan Mas Sepri menyusul dan sampai juga di pasar Sentolo. Mereka ndawet juga. Setelah minum dawet, mereka sarapan, dan aku langsung bablas meneruskan perjalanan ke Jogja. Sentolo-Jogja berjarak sekitar 20-23 km (menurut speedometer di sepedaku). Dalam waktu satu jam, akhirnya aku sampai juga di rumah Sagan, sekitar jam 11 siang. Total sepedaanku dari pagi sampai siang pada hari itu adalah pas 93 km. Ealah… ealah…