Sermo, Kalibiru, 2 Juni 2011


Sudah sejak lama saya punya niat untuk bersepeda ke Waduk Sermo, namun baru kemarin itu saya sampai juga di sana.

Waduk Sermo terletak di Kabupaten Kulon Progo, DIY. Lebih tepatnya, waduk ini berjarak sekitar 5-6 km di sebelah barat laut dari kota Wates, ibukota Kabupaten Kulon Progo. Dari arah Kota Jogja berjarak sekitar 45 km. Jika datang dari arah Jogja, maka dapat melalui jalan yang relatif lebih dekat, yaitu lewat Sentolo, menuju arah barat, sampai ke kota Wates. Apabila datang dari arah Purworejo, maka bisa langsung menuju arah RSUD Wates, dan dari situ Waduk Sermo hanya berjarak 5 km.

Bersepeda, apalagi dengan tujuan yang jaraknya lumayan jauh dari tempat tinggal, sering saya sebut sebagai kegiatan ‘kurang kerjaan’. Kenapa demikian?! Ya, karena kegiatan itu memang dilakukan untuk mengisi hari itu. Apabila memang pada hari itu benar-benar tidak ada kegiatan yang dilakukan di rumah, maka tidak ada salahnya untuk menyita waktu sehari itu dengan touring sepeda (bicycle/bike touring).

Jarak dari kota Jogja hingga Wates dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Tentu saja dengan bersepeda. 1,5 jam tersebut dengan asumsi berikut : 1 jam kira-kira dapat menempuh kota Jogja sampai Sentolo, sedangkan Sentolo sampai ke kota Wates kira-kira membutuhkan waktu 30 menit. Total adalah 1,5 jam tadi.

Jalanan dari kota Jogja sampai ke Sentolo relatif datar-datar saja. Ada 2 alternatif rute jalan, yakni langsung lewat Jalan Wates, atau lewat Jalan Godean untuk kemudian berbelok ke arah Jalan Wates setelah sampai di Godean atau perempatan Kenteng, Nanggulan.

Jalanan mulai terasa naik dan turun ketika menyusuri dari Sentolo menuju Wates kota. Di jalan itu, entah di mana tepatnya, berdasarkan speedometer yang menempel di stang sepeda, saya mencapai kecepatan tercepat yang pernah saya lakukan naik sepeda, 68,9 km/jam!!! Tentu saja di jalanan yang menurun.

Hati merasa lebih lega ketika sudah sampai kota Wates. Dan langsung saja menuju pertigaan di sebelah barat RSUD Wates untuk kemudian naik ke Sermo.% km jalan dari Wates ke Sermo memang menanjak, hanya sedikit sekali turunan, atau bahkan tak ada sama sekali. Namun 5 km itu serasa tidak terasa lama karena memang jalan yang dilalui hanya itu dan harus lewat jalan itu.

Ketika sudah sampai di Sermo, tidak serta merta saya melayangkan pandangan ke arah waduk. Karena sebelumnya sudah ada rencana untuk dolan ke rumah teman saya yang tinggalnya tak jauh dari waduk Sermo, maka kemudian saya pun menunggu datangnya dia.

Bareng Siwi & Sitta


Di pinggiran waduk.

Ooh..ooh..ooh.. ternyata rumahnya masih sekitar 3 km dari jalan tepi waduk Sermo menuju ke atas. Ke mana?! Ke arah Kalibiru. Ya. Kalibiru, tak pernah terbayangkan jalanan yang menuju ke sana. Saya pikir dengkul saya masih cukup kuat untuk menerjangnya. Saya pun mencoba. Meskipun dengan beberapa kali berhenti untuk istirahat, sekitar 1,5-2 km awal dari tepi jalan waduk Sermo, saya pun tanpa harus turun dari sepeda dan menuntunnya. Namun karena perjalanan pulang nanti masih jauh, akhirnya saya mengalah pada dengkul sendiri untuk turun dari sepeda dan menuntunnya di jalan yang benar-benar menanjak di 500 meter-1 km terakhir.

Kalibiru masih 2 km lagi.

Kalibiru memang benar-benar sejuk dan indah. Sejuk suasananya, indah pemandangannya. Sangat berbeda apabila dibandingkan dengan cuaca di kota Wates yang panas dan gerah. Di Kalibiru serasa di Kaliurang, hawa dingin dan kadang juga turun kabut. Jika beruntung, maka kita bisa menikmati indahnya Waduk Sermo dari ketinggian. Alangkah indahnya Bumi ciptaan Tuhan!!

Kata-kata mungkin tak akan cukup dan mampu untuk menggambarkan suasana dan keindahan yang terdapat di sana. Jika tertantang, buktikan sendiri, dan nikmatilah!!

Leave a Reply

