Tentang Sepeda


Sebenarnya, ada banyak macam sepeda, kegiatan bersepeda dan banyak cara untuk membahasnya. Beberapa macam sepeda itu antara lain sepeda BMX, sepeda balap, sepeda lipat dan yang sedang trend saat ini adalah sepeda fixie. Sedangkan macamk kegiatan bersepeda antara lain down hill, touring, freestyle dan masih ada yang lainnya. Namun di halaman ini hanya akan dibahas mengenai touring sepeda dan macam sepedanya. Untuk kegiatan yang lain dan sepeda yang lain pula, silakan kita bahas di waktu yang lain.

Dari namanya saja, touring, berasal dari bahasa Inggris, dengan kata dasar ‘tour’ dengan akhiran –ing, yang artinya melakukan kegiatan tur. Nah, dalam touring sepeda ini, kita melakukan perjalanan yang mungkin bisa dibilang termasuk perjalanan yang jauh. Untuk kriteria jauh atau dekat, itu relatif. Namun sependek pengalaman yang pernah aku lakukan, dalam sehari, jarak yang ditempuh pasti lebih dari 60 kilometer. Jarak 60 kilometer itu, seringkali hanyalah jarak waktu berangkat saja. Jadi kalau dihitung pulangnya, total akan mencapai jarak 120 km.

Untuk menempuh perjalanan yang jauh itu, tentu saja banyak hal yang harus diperhatikan. Dua hal utama yang harus diperhatikan yaitu diri kita sendiri dan sepeda yang digunakan. Secara detil, akan ada banyak hal yang dapat dibahas. Nah, mungkin hal-hal tersebut akan tercakup dalam tulisan pengalaman berikutnya.

Silakan dilanjutkan.

My Classic Road Bike

The one and only that I have

5 thoughts on “Tentang Sepeda

  1. mantap gan.
    klo yang baca beginer langsung mundur teratur heheheh.
    Tapi kangen juga tuh, lama gak gowes tuk jarak menengah 60-80 km-an

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s